IZAKOD BEKAI IZAKOD KAI

Satu Hati Satu Tujuan

Kesepakatan RI – PNG “Bangun Daerah Perbatasan”

13 Juni 2013 21:38 WIT

Pemerintah Republik Indonesia yang diwakili Bupati Merauke Drs. Romanus Mbaraka sedangkan Papua Nuew Guenia (PNG) Mr. Richad Aria  sepakat membangun wilayah bagian selatan yang merupakan perbatasan kedua negara, dengan perbaikan infrastruktur, pengembangan Sumber Daya Manusia ( SDM ) dan peningkatan perekonomian masyarakat. Kesepakatan tersebut dicapai melalui forum Rapat Koordinasi Border Leansing Official Meeting ( BLOM ) antara Pemerintah RI – PNG di Swiss-belHotel Merauke, Rabu ( 12/6).

Bupati Merauke Drs. Romanus Mbaraka, MT., dalam sambutannya mengatakan BLOM digelar guna membahas berbagai permasalahan pembangunan pengelolaan perbatasan antara Pemerintah RI dan PNG di wilayah Selatan Papua. Agenda utama pembahasan rapat menekankan pembangunan dibidang ekonomi, sosial, budaya dan politik antara kedua negara.

Pembangunan wilayah perbatasan dilakukan secara menyeluruh di Indonesia. Rumusan hasil rapat koordinasi BLOM akan dihimpun dalam satu agenda rapat wilayah utara Papua. Untuk itu, lanjut Bupati perlu ada persamaan persepsi dalam instansi Pemerintah Daerah, TNI dan Polri guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan. Pembangunan perbatasan merupakan beranda depan Negara Indonesia, mufakat yang dilakukan akan diwujudkan dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan keamanan. Agenda BLOM di Wilayah Selatan Papua Tahun 2013 adalah pembersihan pilar batas negara, pembangunan rambu suar oleh PNG disungi torasi ke Wilayah RI dan Pengawasan Lintas Laut. (santi)

Sumber : Suara-Merauke.go.id

RESPON PENGUNJUNG

Berikan komentar Anda


Binatang asli Papua selain kanguru dan cenderawasih?

* harus diisi