IZAKOD BEKAI IZAKOD KAI

Satu Hati Satu Tujuan

Pekan Daerah (PEDA) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Merauke

19 Juni 2013 17:19 WIT

Pelaksanaan Pekan Daerah atau biasa disebut PEDA untuk Kelompok Tani dan Nelayan Andalan atau disingkat KTNA yang dilaksanakan di Kabupaten Merauke bertempat di Stadion Olah Raga Maro Merauke, stadion ini sendiri oleh masyarakat merauke biasa disebut dengan Lapangan Maro, yang biasanya dipakai untuk bermain sepak bola pada even daerah maupun nasional.

Lapangan Maro terletak di dekat pasar baru/ pasar sementara yang berada di belakang SMP N 2 Merauke. Lapangan Maro bisa dijangkau dari bandara Mopah dengan jarak kurang lebih 2 kilometer, dari Pelabuhan berjarak kurang lebih 3 kilometer. Untuk angkutan umum sayangnya belum ada yang lewat, karena hanya sampai di parkiran pasar baru, yang berjarak kurang lebih 200 meter dari lapangan Maro tersebut. Angkutan lainnya yang bisa digunakan antara lain ojek motor, mobil pangkalan (carteran), atau TAXI argo.

pembukaan 

Kegiatan Peda dibuka secara resmi pada hari selasa tanggal 18 Juni 2013 dan akan berakhir pada 22 Juni 2013. Dimana pelaksanaan Pekan Daerah (Peda) Kelompok Tani Nelayan Andalan yang berlangsung di Kabupaten Merauke  diikuti 28 Kabupaten/Kota se Provinsi Papua.

Masing-masing Kabupaten/Kota mempunyai stand untuk memamerkan potensi daerahnya, berupa foto-foto hasil bumi, perkembangan hasil pertanian dan perikanan dan juga membawa contoh hasil bumi dari daerahnya masing-masing.

Selain pameran, masing-masing kontingen ikut berpartisipasi dengan berbagai lomba yang dilaksanakan oleh panitia Provinsi bekerjasama dengan panitia lokal, antara lain lomba rakit traktor, lomba tarik tambang, lomba lari karung, lomba menangkap belut, dan banyak lagi lainnya.

Selain peserta dari Kabupaten/Kota, khusus Merauke diramaikan pula oleh instansi teknis rumpun pertanian, peternakan dan perikanan. Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Merauke menampilkan unggulannya berupa Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dan Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan (SIMONEP) dan foto-foto hasil pembangunan sampai saat ini kemudian Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) mendukung Peda dengan memberikan pelayanan Internet GRATIS menggunakan 3 unit mobil internet (MPLIK) dan memberikan fasilitas Hotspot menggunakan Wifi gratis dengan SSID “PEDA-HOTSPOT”. Masyarakat dapat menggunakan wifi gratis selama kegiatan Peda dengan login dan menggunakan user: free dan password : free.

internet gratisss

Kegiatan Peda sampai dengan hari kedua disambut dengan antusias oleh para kontingen maupun oleh masyarakat umum, hal ini dapat dilihat dengan ramainya pengunjung dan peserta yang saling bersilaturahim dengan saling melakukan kunjungan ke anjungan peserta lainnya, tentunya agar dapat menambah kenalan dan wawasan kedepan yang lebih baik.

 

RESPON PENGUNJUNG

Berikan komentar Anda


Salah satu pantai di Merauke adalah pantai lampu.... ?

* harus diisi