Iriani Berita 15 September 2016 08:49 dibaca 1489x

Belanda dan PT Wedu Merauke Akhiri Kerja Sama Sebelum Tahun 2021

Direktur WMM Belanda, Mr. Pietter Glas Beek melakukan rapat umum terkait pemegang saham PT. Wedu Merauke 2016.

Rapat ini menyangkut rencana percepatan penyelesaian kerja sama yang dilakukan dengan PT.Wedu dan berkaitan hal-hal finansial serta strategi hukum.

Berdasarkan kebijakan baru dari Belanda, maka kerja sama anatara WMMB dan PT. Wedu Merauke yang sebelumnya akan berlangsung selama 15 tahun, 2006-2021, akan segera diakhiri sebelum tahun kesepakatan.

“Selama beberapa tahun terakhir ini sudah ada kemajuan yang sudah dicapai oleh PT. Wedu dan juga adanya kebijakan dari pemerintah Indonesia yang kurang menyetujui adanya komposisi saham yang mayoritas dari pihak asing. Sehingga diputuskan kerjasama ini segera diselesaikan,” kata Pietter di Merauke, Rabu (14/9).

Disebutkan total pinjaman yang ada di PT. Wedu Merauke senilai Rp 8,5 miliar. Jumlah ini yang harus diganti oleh Pemerintah Kabupaten Merauke.

Ia melanjutkan bahwa kontribusi WMM Belanda untuk pengembangan air bersih di Merauke sudah mulai berkurang.

“Komisaris kami di Belanda memerintahkan utuk mengurangi atau tidak mengeluarkan lagi uang untuk kegiatan di Indonesia. Karena dari laporan keuangan WMMB kesulitan melaporkan masalah keuangan pengaruh dari masih tingginya kehilangan air dari anak-anak perusahaan di Indonesia,” katanya.

Perwakilan dari Belanda berkomitmen untuk menyelesaikan kerja sama dengan Indonesia. Namun dalam penyelesaiannya tetap melihat keuntungan bersama. Jeda waktu diberikan sebelum bulan Desember 2016. Diharapkan syarat dan ketentuan itu bisa disepakati bersama.

“Dari dewan komisaris Belanda menyepakati pengurangan ganti rugi dengan angka yang cukup besar,” katanya.

Bupati Merauke, Freddy Gebze meminta agar soal rencana ganti rugi memerlukan konsultan untuk melakukan audit tingkat kewajaran.

Hal ini terutama aset-aset Belanda, instalasi pipa yang dilihat dari tingkat kebocoran yang mengakibatkan kerugian karena air banyak yang terbuang. Sementara Pemda Merauke dan PT. Wedu masih mempersiapkan hal-hal sebelum keputusan akhir terkait kerja sama tersebut.

http://metromerauke.com/2016/09/14/belanda-dan-pt-wedu-merauke-akhiri-kerja-sama-sebelum-tahun-2021

komentar ditutup