Trio Rendra Yustiono, S.Kom Kemasyarakatan 09 Juni 2017 13:30 dibaca 678x

Workshop peningkatan kapasitas petugas / pebentukan Tim Gerak Cepat (TGC) Kantor Kesehatan Pelabuhan Merauke dalam pengendalian penanggulangan penyakit berpotensi kejadian luar biasa dan pintu masuk negara diselenggarakan di Coreinn Hotel Merauke, Papua, Kamis (8/6).

Workshop dan pembentukan TGC ini sebagai kesiapan dalam skala kabupaten untuk menanggulangi bencana alam dan bencana non alam serta bencana sosial yang terjadi di luar dugaan. Antisipasi supaya tidak sakit atau cacat dan tidak menekan tersebarnya wabah atau penyakit  yang datang dari negara lain.

"Sementara dalam bentuk workshop kepada lintas sektor dan lintas program untuk diketahui dan mulai ada persiapan dari semua lintas sektor dan lintas program," jelas Kepala KKP Merauke, Titisari R, Kamis (8/6).

Untuk lintas programnya adalah dari bagian kesehatan yang akan menangani bencana non alam seperti wabah, sakit atau kejadian luar biasa. Selanjutnya lintas sektor adalah dati pelabuhan laut, bandara, karantina, SAR dan TNI/Polri.

Fungsi dari TGC adalah terlaksananya cegat tangkal penyakit berpotensi wabah untuk melindungi masyarakat dari penyakit wabah. Mendeteksi kasus penularan penyakit, mengetahui kasus penyebaran penyakit dan melakukan respon cepat terhadap kasus penyakit serta memastikan tidak terjadinya transmisi penyakit dari dalam keluar daerah.

Selanjutnya, tambah Kepala KKP Merauke, akan diadakan simulasi di Bandara Mopah menyangkut penyelamatan penumpang yang diduga pembawa penyakit dari negara asing.

komentar ditutup