Rosanti Ngili Berita 13 Juli 2017 07:58 dibaca 155x

 

Dr. Elfa Ali Idrus, seorang dokter spesialis mata asal Merauke, Papua, berhasil menyelesaikan pendidikan subspesialis cornea dan external disease di University of Helsinki, salah satu universitas ternama di Finlandia dan Eropa. Dr. Elfa merupakan salah satu dari 2 orang dokter mata dari Indonesia yang berhasil lolos ujian internasional yang diadakan organisasi dokter mata seluruh dunia atau International Council of Ophthalmology (ICO). Ujian internasional tersebut diadakan di seluruh dunia termasuk Jakarta, Indonesia. Dari seluruh dunia, tersaring 30 dokter spesialis mata termasuk dr. Elfa.

Pendidikan subspesialis tersebut ditempuh dr. Elfa dalam waktu 3 bulan. Biaya pendidikan, akomodasi dan uang saku ditanggung penuh oleh Universitas Helsinki. Selama menetap 3 bulan di Helsinki, pada 1 Juli 2017 lalu, dr. Elfa berkesempatan membagikan ilmu yang dimilikinya dengan memberikan penyuluhan mengenai kesehatan mata kepada sejumlah masyarakarat Indonesia yang berada di Helsinki. Dalam paparannya, dr. Elfa menjelaskan berbagai hal mengenai cara menjaga kesehatan mata terutama bagi anak-anak.

Atas keberhasilannya menempuh pendidikan subspesialis, pada 3 Juli 2017, dr. Elfa menerima sertifikat dari Universitas Helsinki diserahkan langsung oleh Prof. Tero Kivelä, selaku kepala pendidikan subspesialis mata di Universitas Helsinki dan disaksikan oleh supervisor, dr. Kari Krootila. Pada kesempatan yang sama, dr. Elfa juga menyerahkan hasil penelitiannya yang berjudul Photoactive Chromophore Corneal Cross-linking for Keratitis Patients untuk dipublikasikan dalam jurnal internasional dalam waktu dekat.

Sebelum bertolak kembali ke Indonesia, dr. Elfa menyempatkan diri untuk bertemu dengan Duta Besar RI Helsinki dan menyampaikan terima kasih atas dukungan Duta Besar RI bersama jajaran staf KBRI Helsinki selama keberadaannya di Finlandia. Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi atas prestasi dr. Elfa, Duta Besar RI Helsinki memberikan kenang-kenangan.

komentar ditutup