Geti Saga Olahraga 28 Juli 2017 14:04 dibaca 345x

Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Provinsi Papua menyelenggarakan sosialisasi cabang olahraga baru, gateball kepada masyarakat Kabupaten Merauke, Kamis (27/7).

Wakil Ketua Bidang Organisasi Pengurus Pergatsi Papua, Saudara Hutabella mengatakan, olahraga ini sangat murah dan merakyat, karena siapa saja bisa bergabung dan bermain. Hampir di seluruh kabupaten di Papua sudah dipromosikan atau disosialisasikan cara dan teknis bermain gateball.

“Luar biasa antusias masyarakt Merauke, sangat banyak karena ini bisa dari semua kalangan. Ini juga sebagai persiapan menyongsong pelaksanaan PON tahun 2020 di Papua,” katanya, (27/7).

Sosialisasi ini mendapat respon positif masyarakat. Hal itu terlihat dari kehadiran peserta di Gor Hiad Sai. Mereka begitu antusias sekalipun baru pertama kali dipromosikan di Merauke. Selanjutnya, peserta akan mencoba bagaiman cara bermain olahraga gateball di Lapangan Maro, Jumat (28/7) pagi.

Menurutnya, pada PON XIX Jawa Barat, 2016 lalu telah dilakukan eksebisi olahraga gateball dan Papua berada pada peringkat keempat. Diharapkan olahraga ini akan dicintai dan semakin banyak diterima oleh masyarakat Merauke.

“Untuk gateball pada PON 2020 akan memperebutkan sebanyak 11 medali emas. Kita harap bisa menang dan meraihnya,” ujarnya.

Wakil Ketua Bidang Prestasi, Pembinaan, Perwasitan Pergatsi Papua, Petrus Lambongi mengatakan, gatebal adalah kolaborasi permainan golf, catur dan bola sodok, lapangan sangat kecil dan melibatkan delapan orang dalam satu tim, tetapi yang akan bermain hanya 5 orang.



 

komentar ditutup