Geti Saga Informasi Masyarakat 23 Nopember 2017 07:43 dibaca 410x

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Merauke, Papua kini memiliki alat deteksi alam.
Alat ini berfungsi menyampaikan informasi kecepatan angin, ketinggian air atau ombak di laut, cuaca hujan dan memantau titik api di seluruh wilayah Merauke.
Kepala BPBD Merauke, Sonny Betaubun mengatakan, alat tersebut mampu mendeteksi cuaca atau kondisi alam yang tidak terbatas luasan dan jangkauannya, bahkan hingga ke seluruh Indonesia.
“Kurang lebih sudah sepekan alat ini terpasang. Uji coba sudah kami lakukan, tinggal peresmiannya,” kata Kepala BPBD Merauke, Sonny Betaubun, Senin (20/11).
Katanya, sebanyak tiga alat sirine dipasang pada tiga titik di sekitar Kota Merauke. Ketika ada kejadian luar biasa, alat itu otomatis akan mengeluarkan bunyi sirine atau peringatan, dan langsung tersambung dengan sistem monitor di kantor BPBD.
“Sekarang kami hanya memantau dari kantor, karena alat ini akan menginformasikan semua yang terjadi di alam,” ujarnya
Menurutnya, berdasarkan informasi itu, petugas akan menyampaikan perkembangan kepada masyarakat. Pengadaan alat deteksi alam ini senilai Rp750 juta dari dana APBN.
Warga dihimbau ikut menjaga keberadaan alat yang sudah terpasang, supaya tetap aman dan berfungsi sebagaimana mestinya, untuk kepentingan bersama.

komentar ditutup