Pencairan DAK Rencana Dalam Waktu Dekat Ini

Penggunaaan Alokasi dana khusus (ADK) tahun 2011 yang diperuntukkan bagi dana Gerbangku untuk 168 kampung di Kabupaten Merauke pada hakekatnya berjalan dengan baik. Hanya saja berdasarkan hasil temuan saat kegiatan turun kampung yang dilakukan Bupati Merauke Drs Romanus Mbaraka MT bersama jajarannya, dimana Pemerintah Kabupaten Merauke perlu melakukan evaluasi bersama terkait pendampingan di tingkat masyarakat, kapasitas pembangunan yang harus dilakukan bertahap kepada aparatur kampung dan pengelola terkait di kampung.

“Dengan evaluasi ini diharapkan ADK khususnya Gerbangku akan lebih tepat sasaran,”ungkap Bupati Romanus kepada wartawan pada senin, (23/7) lalu di Lobi Hotel Itece Merauke, Kembali dijelaskan Bupati, ADK secara bertahap mulai ada peningkatan. Dan kalaupun mengalami kekurangan pada administrasi dan realisasi kegiatan, maka melalui evaluasi bersama yang dilakukan itu, akan menjadi suatu perhatian dan pengawasan yang intens.

“Ini untuk kedepannya agar lebih baik lagi,”singatnya.

Sementara itu DAK untuk tahun 2012 sendiri rencananya baru akan dicairkan dalam waktu dekat ini. Pasalnya, sebelum proses pencairan itu dilakukan Pemkab Merauke harus memberikan kapasitas pembangunan bagi pamong kampung melalui program kursus cepat pamong kampung.

“Kursus ini untuk memberikan pemahaman pembangunan bagi aparatur kampung. Dan kegiatannya sudah mau selesai sehingga proses pencairan akan segera dilakukan, ya paling tidak bulan-bulan ini sudah bisa (cair),”akunya dana tersebut sudah ada hanya tinggal menunggu masuknya perencanaan dan dievaluasi kembali.

Di singgung Belum digelarnya siding ABT di Kabupaten Merauke Bupati mengaaskan belum dilaksanakan lantaran Pemkab Merauke masih menunggu hasil audit yang dilakukan BPK saat ini. 

“Sidang ABT kita harus menunggu hasil audit BPK dulu. Kan, BPK baru mengaudit kita. Nah kalau sudah selesai (audit), terus laporannya kita ajukan ke Dewan selanjutnya diparipurnakan, baru kita bisa lakukan ABT,”tegas Bupati.

Lebih jelas diakuinya Tim Anggaran Pemkab Merauke sendiri sudah menyiapkan materi ABT tersebut. Dan merujuk pada jadwal yang ada, seyogyanya sidang itu sudah harus dilakukan pada bulan ini.

“Nanti kalau sudah selesai audit. Kami akan lakukan pertemuan dengan Dewan untuk kita melihat laporan pemeriksaan keuangan daerah yang dilakukan BPK,”terangnya.

Berita di kategori Berita Lain dan ditulis oleh astrix .

Copyright © 2013 · DISKOMINFO KAB. MERAUKE ·